BLOG Tenjo City

Integrasi Stasiun Tenjo jadi Kunci Kemudahan Akses di Tenjo City

Tenjo-city.com, TangerangSalah satu kriteria utama yang dipilih masyarakat dalam memilih sebuah hunian adalah kemudahan akses transportasi. Selain kemudahan transportasi yang akan memberikan penghuni kenyamanan dalam bermobilitas, akses mudah juga akan meningkatkan nilai investasi hunian.

Hunian yang berlokasi dekat dengan fasilitas transportasi telah dikenal memiliki peningkatan harga yang lebih signifikan dibandingkan dengan hunian yang relatif jauh dari akses transportasi. Peningkatan harga ini tentu akan memberikan keuntungan bagi Anda yang memilih hunian dekat dengan fasilitas transportasi.

Salah satu pengembangan hunian yang mengedepankan integrasi akses transportasi dan lingkungan perumahan dikenal sebagai konsep pengembangan Transit Oriented Development (TOD). Konsep ini sangat populer di tengah masyarakat apalagi bagi mereka yang mencari hunian terjangkau namun tetap dengan akses yang baik.

Daerah Tenjo merupakan salah satu  kawasan yang difokuskan sebagai TOD. Akses Tol terdekat yang menggabungkan Serpong Balaraja dan Exit Tol terdekat, hanya 10 Menit dari Tenjo City sebagai hunian terbaik di Tangerang. Kawasan Tenjo sudah bertransformasi dan berkembang pesat untuk beberapa tahun ke depan.

Dengan mempertimbangkan berbagai potensi transformasi yang akan terjadi di Kota Tenjo, maka perumahan Tenjo City memberikan potensi keuntungan investasi yang sangat tinggi. Terlebih lagi dengan konsep pengembangan TOD yang mampu meningkatkan daya jual kembali sebuah rumah. Bagaimana konsep pengembangan TOD di Tenjo City? Simak selengkapnya di sini.

Terintegrasi Stasiun Tenjo

Salah satu pengembangan TOD di Tenjo City adalah integrasi perumahan dengan stasiun KRL Commuter Line. Stasiun Tenjo (TEJ) merupakan stasiun kereta api kelas III yang terletak di Tenjo, Bogor; termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Angka ketinggian stasiun ini di bangunan utama tertulis +52 m, sedangkan papan nama stasiun di emplasemen tertulis +51 m. Stasiun ini berada di Jalan Raya Rancaiyuh-Kutruk-Tenjo-Jasinga-Bunar-Leuwiliang-Bogor. Stasiun ini merupakan stasiun paling barat di Kabupaten Bogor dan Provinsi Jawa Barat.

Awalnya, stasiun kereta api ini memiliki dua jalur kereta api dengan jalur 2 merupakan sepur lurus. Sejak pengoperasian jalur ganda Parungpanjang–Maja per Mei 2012, tata letak stasiun ini berubah dengan jalur 2 eksisting dijadikan sepur lurus arah Rangkasbitung dan jalur 1 eksisting dijadikan sepur lurus arah Tanah Abang. Stasiun ini, sejak tanggal 17 April 2013, sudah melayani KRL Commuter Line AC tujuan Stasiun Tanah Abang dan sudah dilintasi jalur ganda.

Nilai Investasi yang Tinggi

Dengan akses yang sangat mudah dari Tenjo ke Tanah Abang dan berbagai pusat Kota Jakarta lainnya menjadikan perumahan di Kota Tenjo sebagai perumahan yang memberikan kemudahan akses transportasi. Hal ini akan berdampak langsung pada nilai investasi yang ditanamkan pada unit rumah di kawasan ini. Dengan peningkatan lebih dari 20 persen per tahun, maka Perumahan Tenjo akan menjadi salah satu kawasan perumahan yang sangat maju di masa depan.

Hunian konsep TOD yang menjadi favorit masyarakat masa kini tentu memberikan nilai investasi yang menjanjikan. Properti atau rumah yang berada dekat dengan sarana transportasi seperti stasiun dan jalan Tol memiliki laju kenaikan 15% hingga 20% lebih cepat dari hunian yang relatif jauh dari sarana transportasi. Apalagi jika hunian tersebut terintegrasi langsung dengan berbagai sarana transportasi, tentu akan memberikan nilai tersendiri bagi properti berkonsep TOD. Hal ini menjadikan rumah yang berada pada kawasan TOD menjadi investasi yang menguntungkan.

Pengembangan Area Sekitar Perumahan

Keberadaan pusat transportasi di sebuah kawasan akan mendorong perkembangan kawasan tersebut. Wilayah sekitar pusat akses transportasi umum biasanya dipenuhi oleh berbagai macam fasilitas umum pendukung aktivitas seperti misalnya sekolah hingga pusat perbelanjaan. Keberadaan fasilitas tersebut tentu saja berpengaruh terhadap kondisi lingkungan sekitar menjadi lebih hidup dan dinamis. Selain itu, ketersediaan fasilitas yang lengkap juga bisa mempermudah aktivitas sehari - hari.

Pengembangan kawasan Tenjo terus dilakukan untuk menciptakan kawasan sentra hunian terbaru di Kabupaten Bogor. Tenjo merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di wilayah ini berbagai proyek pengembangan infrastruktur terus dipacu untuk meningkatkan aksesibilitas kawasan tersebut dengan berbagai daerah di sekitarnya. Keberadaan berbagai infrastruktur transportasi baru tersebut dapat ikut menggerakkan perekonomian di wilayah perbatasannya mulai Bogor, Depok, dan Tangerang.

Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan rumah yang berada di kawasan pusat Kota, kawasan Tenjo memiliki harga lahan yang relatif rendah sehingga mampu memberikan hunian berkualitas dengan harga terjangkau. Hal ini menjadi salah satu dasar pilihan masyarakat yang leih memilih tinggal di kawasan pinggiran dengan akses yang mudah. Alih-alih tinggal di dekat kantor yang berada di pusat kota, tentu tinggal di pinggiran kota memberikan keuntungan tersendiri. Harga hunian di tengah kota yang begitu tinggi menyebabkan memiliki hunian di tengah kota tak terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, hunian di pinggir kota yang masih terjangkau jadi pilihan utama masyarakat. Nah, hunian TOD yang berada di pinggiran kota ini menjadi favorit karena selain menawarkan harga yang lebih terjangkau, juga menawarkan kemudahan mobilitas. (ADR)

imgWAchatYuk wa